Berita

5 Fakta Unik Kota Athena, Yunani

Jalan-jalan ke Athena, lihat suasana kota dengan pemandangan sejarahnya yang unik, siapa yang mau? MinDI sih mau BANGET.

 

Nah, kabar baik buat kamu, kamu bisa jalan-jalan ke Yunani gratis bareng keluarga, dibayarin HDI! Tapi… Capai kualifikasi HDI Explore World 2024 dulu ya, hehehe.

 

Sebelum kita berangkat, kenalan dulu sama kota Athena, yuk!

 

Nama Kota Diambil dari Nama Dewi Athena

Dikenal sebagai dewi perang, kebijaksanaan, dan kerajinan, nama kota ini digunakan setelah Athena memenangkan kompetisi dengan Poseidon untuk merebutkan kota ini karena keindahannya.

 

Kedua dewa ini bersaing menawarkan hadiah untuk masyarakatnya. Poseidon menjanjikan sumber air, sedangkan Athena pilih menanam benih pohon zaitun yang tumbuh dengan cepat dan menyediakan minyak, makanan, kayu, dan tempat berlindung untuk masyarakatnya.

 

Ibu Kota Tertua di Eropa

Ternyata, Athena adalah ibu kota tertua di Eropa yang terus berpenghuni. Makanya, kalau kamu keliling Athena, kamu bisa menemukan jejak beberapa tokoh terkenal dalam sejarah manusia.

 

Tempat Lahirnya Demokrasi

Demokrasi berasal dari bahasa Yunani, demos (rakyat), dan kratos (kekuasaan) atau diartikan kekuatan di tangan rakyat.

 

Pada saat itu, ada pergolakan rakyat kecil karena para bangsawan menguasai Athena. Solon, seorang negarawan dan anggota parlemen lalu membuat pertemuan rakyat. Lalu Klisthenes, mereformasi konstitusi Athena, menjadi lebih demokratis. Beliau dikenal sebagai “Bapak Demokrasi Athena”.

 

Berkembangnya Ilmu Filsafat

Filsafat menjadi dasar dari budaya besar Athena Kuno. Filsuf terkenal dunia seperti Plato dan Aristoteles lahir dari sini. Plato pun sempat mendirikan akademi di akhir abad ke-4 SM (387 SM).

 

Museum Kecil dalam Stasiun Metro

Berbagai temuan arkeologi pada masa sejarah kota ini di masa lampau banyak ditemukan saat pembangunan stasiun metro. Makanya, banyak temuan-temuan itu dipajang di stasiun-stasiun di Athena. Jadi kelihatan seperti museum kecil, ya! Nah, stasiun Syntagma merupakan salah satu di antaranya.

 

Dan masih banyak lagi fakta-fakta soal kota Athena, Yunani, yang bisa kamu temukan dan eksplor langsung!

 

Mau ke Athena, Yunani, secara langsung? GRATIS dibayarin HDI, kalau kamu capai kualifikasi HDI Explore World 2024.

 

Cek cara menang di sini. Sampai jumpa di Athena tahun 2024!

HDI Indonesia

  • HDI Hive Menteng, Lantai 8 - 9
    Jl. Probolinggo No. 18, Menteng
    Jakarta Pusat - 10350, Indonesia
  • (021) 294 992 00
  • (021) 294 992 01
  • redaksi@hdindonesia.com